Media Informasi, Kreasi, dan Hiburan

Kereta api listrik (KRL) maupun diesel diketahui memancarkan gelombang Elektro-Magnetik (EM), baik melalui rel yang dilewatinya maupun melalui jala-jala listrik di atasnya. Akibat adanya gelombang EM ini, mobil yang melewati rel dapat mogok saat melintas di atas rel kereta. Penyebab mesin mobil mati dan mendadak sulit dinyalakan dalam kondisi tersebut, kemungkinan disebabkan adanya material rel kereta yang terbuat dari baja dapat menghantarkan listrik dan magnet.

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa matinya mesin kendaraan di rel kereta api karena adanya pengaruh gesekan dan akhirnya menimbulkan efek impedans (beda potensial elektrik pada ujung-ujung suatu komponen dan arus yang melalui komponen). Rel dapat menyimpan medan magnet yang cukup tinggi, sehingga dipercaya akan menimbulkan masalah kelistrikan pada kendaraan, dan praktis mesin mobil sulit dihidupkan saat mati mendadak. Efek impedans mempengaruhi dynamo stater pada mesin yang terbuat dari magnet, dan akhirnya mobil yang sudah terkena efek tersebut akan sulit dihidupkan.

Menurut beberapa ahli dan pengalaman pengemudi, salah satu solusi yang bisa dilakukan saat mesin mobil mati mendadak di atas rel kereta yaitu dengan membunyikan klakson secara terus menerus dan starter mobil. Cara tersebut bertujuan untuk memutus rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.

Hal di atas adalah hanya salah satu solusi saat mengalami mesin mati saat melintasi rel kereta. Usahakan jangan melintasi rel walau jarak kereta api cukup jauh, hal ini untuk mengurangi kemungkinan efek impedans. Ketenangan pengemudi tetap sebagai prioritas, baiknya segera meninggalkan mobil jika cara tersebut tidak berhasil dan jauhi perlintasan kereta api demi keselamatan.

Intinya, setiap pengemudi kendaaan bermotor harus selalu waspada dan tidak memaksa melewati palang pintu yang hendak tertutup. Membiarkan kereta lebih dulu lewat adalah solusi terbaik untuk selamat sampai tujuan.

Tulisan ini hanya untuk menyebarkan sedikit informasi, dan mudah-mudahan bermanfaat bagi penulis dan yang membaca tulisan ini.

[ disadur dari lipi.go.id dan momobil.id ]