Media Informasi, Kreasi, dan Hiburan

Peranan orang tua pada penggunaan smartphone anak memang begitu penting, hal ini seakan-akan menjadi perbincangan dunia. Smartphone memang salah satu teknologi yang paling dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia, karena smartphone merupakan salah satu teknologi yang paling mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Smartphone memang sangat mengagumkan, peranan smartphone dalam dunia teknologi dan sosial memang begitu berkaitan. Kemudahan yang ada pada sebuah smartphone ternyata berpengaruh pula kepada penggunanya, khususnya bagi anak-anak di bawah umur yang memang masih butuh pengawasan terhadap apa yang mereka lakukan.
Peranan orang tua dalam mengawasi anaknya memang begitu penting dan sangat intens. Masalahnya, smartphone dapat merubah gaya hidup anak tersebut, bahkan smartphone dapat membawa dampak negatif bagi seorang anak di bawah umur yang notabenenya masih butuh pengawasan dan pengarahan dalam setiap gerakannya.
Orang tua yang sedikit saja lengah dengan kegiatan anaknya, sama saja membiarkan anaknya berlari terlalu jauh melebihi batasnya, mengapa demikian? Karena smartphone memang begitu liar atau bebas, hal itu tidak cocok bagi jiwa dan fikiran anak-anak yang memang belum cukup umur untuk menenerima dampak buruk dari sebuah smartphone. Smartphone memang begitu berkembang di kalangan masyarakat, apalagi bagi anak-anak yang biasanya dihadapkan kepada kesalahan orang tua yang banyak memberikan kebebasan kepada seorang anak.
Seharusnya, perlu adanya aturan seperti dalam pembuatan akun di media sosial contohnya facebook. Banyak sekali anak-anak di bawah umur yang sudah menggunakan akun facebook dan isi dalam kronologinya adalah sesuatu yang tidak bermutu, seperti contohnya status tentang cinta dan sebagainya. Hal itu sepatutnya tidak pantas diunggah oleh seorang anak-anak. Maka dari itu, peranan orang tua pada penggunaan smartphone anak memang perlu ditingkatkan lagi, kalau perlu jangan memberikan smartphone secara bebas kepada anak, tetapi selalu awasi apa yang mereka lakukan dengan smartphone tanpa harus diketahui oleh mereka.