Media Informasi, Kreasi, dan Hiburan

Jejaring sosial merupakan salah satu produk teknologi yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi serta berinteraksi dengan pengguna jejaring sosial yang lain. Dengan menggunakan algoritma tertentu terkait dengan informasi yang dimasukkan pengguna, maka seorang pengguna media jaringan sosial dapat menemukan pengguna lain dengan kesamaan informasi dengan lebih mudah. Kemampuan menyebar informasi dan mendapatkan respon dengan cepat juga membuka peluang pengguna jejaring sosial untuk memanfaat kemampuan tersebut untuk keperluan tertentu. Meskipun begitu, penggunaan jejaring sosial juga dapat mengarah pada hal yang tidak bermanfaat sehingga dibutuhkan kebijaksaan pengguna dalam menjalani aktivitas di jejaring sosial.

Berteman dengan Bijaksana
Ada baiknya pengguna jaringan sosial dapat memilih teman baru dengan bijaksana. Selain akan mempengaruhi citra diri ketika berinteraksi dengan teman baru terkait dengan tagging status ataupun gambar, pilihan teman yang salah juga dapat meningkatkan berbagai resiko tindak kriminal karena banyaknya informasi pribadi yang dapat diketahui oleh teman di jejaring sosial.

Memanfaatkan Jejaring Sosial dengan Bijaksana
Kemampuan menyebar informasi dengan cepat membuat jejaring sosial seringkali dimanfaatkan untuk keperluan promosi ataupun kampanye. Mengunggah informasi pribadi yang rahasia merupakan sebuah tindakan ceroboh karena akan ada banyak orang yang dapat mengakses informasi tersebut. Ada baiknya mengunggah gambar, status ataupun menulis komentar dengan bijaksana karena akan mempengaruhi citra pribadi serta pihak-pihak yang terkait dengan pernyataan yang ditulis melalui jejaring sosial.