Media Informasi, Kreasi, dan Hiburan

Teknologi memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi manusia yang menggunakannya. Namun di sisi lain, teknologi juga dapat menimbulkan masalah baru ataupun meningkatkan resiko-resiko tertentu. Ponsel merupakan salah satu produk teknologi yang memiliki sangat banyak pengguna. Perangkat ini memberikan begitu banyak kemudahan berkomunikasi dan dalam perkembangannya memberikan lebih banyak lagi fungsi dan kegunaan. Ponsel dapat meningkatkan beberapa resiko kesehatan karena pancaran radiasi yang dihasilkan. Penggunaan ponsel dalam jangka panjang, durasi yang lama serta frekuensi yang sering dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Wanita dan wanita hamil merupakan salah satu pihak yang memiliki peningkatan berbagai resiko terkait dengan panggunaan ponsel dengan durasi lama serta frekuensi yang sering.

Pengaruh Radiasi Ponsel pada Perkembangan Janin
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari Yale School of Medicine diungkapkan bahwa radiasi yang dihasilkan oleh ponsel dapat menggangu kehamilan karena mempengaruhi perkembangan janin serta meningkatkan berbagai resiko kehamilan. Meletakkan ponsel di dekat rahim dapat memicu kerusakan sel ataupun mutasi, bahkan dalam kasus yang serius dapat meningkatkan resiko mengalami keguguran ketika kandungan berada pada usia kehamilan 2 hingga 3 bulan. Resiko melahirkan anak yang hiperaktif juga akan meningkat pada ibu hamil yang banyak menggunakan ponsel selama masa kehamilan.

Resiko Kesehatan pada Wanita yang banyak Menggunakan Ponsel
Mengantongi ponsel di saku baju atau celana merupakan hal yang cukup lazim dilakukan. Posisi ponsel yang dekat atau bahkan menempel dengan tubuh ini ternyata dapat meningkatkan berbagai resiko kesehatan akibat radiasi yang dihasilkan. Mengatongi ponsel di saku baju yang berdekatan dengan payudara dapat meningkatkan resiko timbulnya kanker payudara. Radiasi gelombang mikro dapat memicu sel-sel di jaringan payudara untuk tumbuh menjadi kanker. Penggunaan telepon yang terlalu sering dengan durasi yang lama juga dapat memicu kasus mudah lupa serta kanker otak. Daya ingat dapat menurun karena kemampuan sel-sel otak untuk mengingat mengalami penurunan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel.