Media Informasi, Kreasi, dan Hiburan

Masalah dan kesulitan tidak akan terlepas dari diri manusia selama masih diberi kehidupan. Karena hakekat hidup sebenarnya adalah supaya manusia bertahan di hadapan berbagai masalah dan kesulitan, serta adanya kemauan untuk menghadapinya.
Sebagian orang mungkin saja mempunyai masalah yang ringan, yang lain kebagian masalah yang lebih berat, bahkan ada juga yang mendapatkan masalah yang tidak ringan. Tinggal bagaimana menyikapinya, ingin dihadapi atau dibiarkan saja tanpa ada pemecahannya.
Dilihat dari tingkatan masalah dan kesulitan yang dihadapi seseorang, mungkin benar juga jika ada yang berpendapat bahwa ‘jika seseorang mendapatkan masalah dan kesulitan yang lebih berat, seharusnya orang tersebut lebih bersyukur, karena Allah tentu telah memberikan kemampuan yang lebih untuk menghadapi masalahnya’. Satu hal yang harus diyakini, bahwa ‘Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya’ [Al-Baqarah (2) : 286].
Jadi, jangan sampai berprasangka buruk kepada Allah karena diberi beban masalah yang berat, justru harus bersyukur. Semakin besar masalah yang kita hadapi, anggap saja bahwa Allah telah memberikan kemampuan yang lebih kepada kita, sehingga kita yakin akan bisa menyelesaikan masalah tersebut pada waktunya. Jangan lupa selalu berprasangka baik, adanya masalah merupakan salah satu ujian dari Yang Maha Kuasa. Maka dari itulah, setiap orang yang mempunyai kedudukan lebih tinggi tentunya akan diuji oleh masalah yang lebih sulit juga, namun tidak akan melebihi batas kemampuannya.
Kata kuncinya hanya ‘KEMAUAN’. Kemauan yang kuat akan mengerahkan seluruh kemampuan yang ada, walaupun menghadapi banyak masalah ataupun kesulitan. Sebaliknya, kemauan yang lemah akan membuat manusia menjadi malas dan tak berdaya, meskipun sebenarnya mempunyai kemampuan untuk menghadapinya.
Penulis hanya ingin mengingatkan diri sendiri, bahwa nikmat Allah sangatlah banyak dan tak terhitung jumlahnya. Senantiasalah bersyukur, karena sebesar apapun masalah, yakinlah ada Allah Yang Maha Besar, sehingga senantiasa berharap bahwa Allah akan memberikan pertolongan dan membukakan pintu rizki dari arah yang tidak terduga-duga.
Jangan jadikan masalah sebagai beban hidup, jadikan masalah itu sebagai pelajaran untuk bisa lebih sabar dan ikhlas. Oleh karena itu, jangan selesaikan masalah dengan mengeluh dan marah-marah, selesaikan saja dengan sabar dan bersyukur, serta jangan lupa tersenyum.